Hari ketiga dalam awal minggu tahun ajaran baru masih dipenuhi dengan serba-serbi kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Di SD Inpres Kawangu 2 sendiri, siswa-siswi kelas 1 masih dikenalkan dengan 4 karakter dasar Cerdas : Kebersihan, Kedisiplinan, Respek, dan Daya Juang.
Karakter Kebersihan sudah diajarkan melalui kegiatan operasi pungut sampah atau yang biasa dikenal sebagai operasi semut. Dari kegiatan ini siswa diberikan pemahaman untuk bisa menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
Di hari ketiga dalam masa MPLS ini, siswa/i SD Inpres Kawangu 2 diberikan pengenalan tentang apa itu karakter 'Disiplin'. Sebagai siswa/i kelas 1 yang baru saja beralih dari Taman Kanak-Kanak, tentu pemahaman dasar tentang kedisiplinan perlu mereka ketahui dahulu.
Berangkat dari hal itu, aku bersama dengan tim MPLS sekolah melakukan pendekatan pada siswa/i kelas 1 dengan menggunakan media sederhana berupa 'Kartu Aksi' yang dibuat dari kalender dan gambar aksi yang menunjukan aksi disiplin dan aksi tidak disiplin. Siswa/i diminta mengamati kartu bergambar yang berjumlah 3 pasang. Setiap pasang kartu memuat aksi disiplin dan aksi tidak disiplin. Pasangan kartu pertama menampilkan gambar siswa yang datang terlambat dan siswa yang datang tepat waktu. Pasangan kartu kedua menampilkan gambar siswa yang mengenakan seragam yang rapi dan seragam yang tidak rapi. Pasangan kartu terakhir menampilkan gambar aksi positif disiplin membuang sampah pada tempat sampah dan aksi negatif tidak disiplin membuang sampah di sungai.
Dari pasangan kartu bergambar yang siswa/i amati, mereka dapat mengenal dan mengetahui bentuk konkret dari aksi disiplin dan contoh penerapan sikap disiplin dalam kehidupan sehari-hari. Sesuai level C1 kognitif pada sistem taksonomi bloom, siswa/i dapat mengetahui dan membedakan mana yang termasuk contoh karakter disiplin dan mana yang bukan termasuk contoh karakter disiplin.
Aku bersykur siswa/i masih sangat antusias dalam mengikuti MPLS hari ketiga ini. Harapanku, semoga pendekatan ini bisa menjadi inspirasi untuk rekan-rekan guru di sekolah lain.



0 comments:
Post a Comment